Berdamai dengan PMS (and Stay Fresh dengan Kiranti)

PMS umum terjadi pada perempuan. Mulai dari perempuan menjelang remaja hingga dewasa yang sudah mendapat menstruasi. Konon 3 dari 4 perempuan mengalami PMS yang artinya boleh dikatakan hampir semua perempuan mengalami PMS. PMS (premenstrual sydrome) adalah gejala-gejala yang tidak mengenakan dan tidak menyenangkan. Itu lah mengapa setiap perempuan harus berdamai dengan PMS. Meskipun PMS itu sebetulnya bukan musuh yang harus diajak gencatan senjata. Kedatangannya yang rutin  tiap bulan dengan siklus 26 – 30 hari sering kali jadi penyebab huru-hara lingkungan sekitar.

Sponsor utama penyebab terjadinya PMS adalah hormon dan reaksi kimia di otak pada saat peluruhan lapisan dinding rahim.  Menyerang fisik dan psikis. serangan umum pada fisik adalah kram, pegal-pegal, perut kembung, sakit yang tidak jelas.  Sakit kepala/migrain, keputihan dan lain-lain. Sedangkan serangan umum pada psikis adalah super sensitif. Moody, mudah tersinggung. Gampang nangis, gampang marah. Nonton film sedih malah mencak-mencak. Kalau gampang bahagia belum ditemukan dalam kasus PMS. Atau tiba-tiba saja bersedekah itu juga sangat minim terjadi. Biasanya malah ingin makan yang pedas dan beberapa gejala lainnya yang lebih aneh dan spesifik. Ditemukan kasus yang berbeda-beda tiap perempuan.

Keadaan PMS ini semakin menambah daftar kebingungan para kaum laki-laki. Seakan mengukuhkan perempuan sebagai kaum yang sulit dimengerti. Jangankan sedang PMS, dalam keadaan normal pun laki-laki sulit membaca hati dan pikiran perempuan. Bahkan mereka bertanya mengapa  namanya menstruasi, bukan girltruasi atau womentruasi, peretruasi. Men itu kan laki-laki.

Menstruasi

Um Ogie bertanya tentang PMS

Barangkali di sana ada jawabnya, kata Ebith G. Ade juga. Sungguh saya pun sebagai perempuan tidak tahu jawaban itu. Mengapa hal itu bisa terjadi, Um Ogie. Kerancuan istilah gitu? Yang jelas jika PMS tiba mood saya juga bisa berubah 180 derajat. Yang asalnya baik, tambah baik tentunya.

Lantas bagaimana kalau PMS melanda?

Sebagai perempuan yang sudah mengalami PMS berabad lamanya (berasa jadi highlander, yang imortal), ketikaPMS melanda tetap lah berusaha Keep calm and stay cool.

Saya tahu itu agak susah, ibarat kata para perempuan yang dilanda PMS seakan berubah menjadi manusia srigala.

Berolahraga. Adalah salah satu cara agar PMS tidak menjadi momok yang menyeramkan. Siapa bilang ketika PMS melanda tidak bisa berolahraga. Bisa atuh, don’t worry.

Nih, salah satunya olah raga yang cocok ketika PMS melanda. Yoga.

P_20160604_074520.jpg

Persiapan Yoga, Selfie dulu. Eh, berdo’a dulu

Saya menyukai yoga yang kaleuuum tapi menyiksa. Penyiksaan yang menyenangkan pokoknya. Jadi jangan takut kalau yoga itu tidak akan mengucur keringat. Pasti bercucuran. Dijamin itu mah. Menurut Teteh Yenny Christine, seorang instruktur yoga yang berpengalaman dan cukup kahot di Bandung. Gerakan Yoga yang dapat mengurangi beban sakit PMS dan membuat tubuh relax, pikiran tenang. Contohnya adalah gerakan yoga Janu Sirsasana (head to knee pose). Gerakan Janu Sirsasana diawali dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut.

Setiap gerakan pada yoga mempunyai efek terapis. That’s why i love yoga. Menenangkan dan membuat kita masuk pada zona fresh moment. Teteh Yenny menyarankan agar para perempuan yang dilanda PMS untuk melakukan yoga dikarenakan manfaatnya itu. Selain gerakan Janu Sirsasana, Teh Yenny mengajarkan gerakan sederhana lainnya untuk mengatasi dan meringangkan PMS. Saya lupa nama gerakan yang lainnya, yang jelas namanya bukan Dursasana. FYI, Dursasana itu nama tokoh pewayangan. Kalau gak salah anggota gank raksasa.

P_20160604_081755.jpg

Sesungguhnya ini bukan dalam rangka berjemur santai kayak di pantai.

Gerakan lain yang mudah diingat dan sangat membantu adalah child pose. Kedua kaki ditekuk menekan perut, tangan diluruskan ke depan, telapak tangan menyentuh bumi.

Setelah disiksa sedemikian rupa yang membuat perut nyaman dan pikiran tenang. Gerakan terakhir yang senantiasa dinantikan adalah pose Savasana. Hehehe… ini mah aku doang sih.

Yoga sebagai olahraga yang disarankan untuk mengurangi beban sakit saat haid, itu disampaikan oleh Teh Yenny pada kampanye dengan tajuk “Stay Fresh and Healty with Kiranti”sekaligus peluncuran varian terbaru Kiranti yaitu Kiranti Sehat datang Bulan Plus Juice.

P_20160604_090658.jpg

Talk Show mengenai  Yoga dan “Stay Fresh and Healty with Kiranti”

Yoga pada dasarnya bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa. Membuat ketiganya bekerja seimbang dan sangat membantu untuk mengatasi masalah-masalan PMS tadi. – Michael Bliss – Public Relation OT

Pasti sudah tahu kan Kiranti, minuman yang legendaris. Identik untuk urusan PMS. Secara turun temurun orang mengenal Kiranti yang ternyata usianya sudah 22 tahun. Kiranti terbuat dari bahan alami yang kaya manfaat. Seperti kunyit yang merupakan bahan utama Kiranti.Kunyit dengan nama lengkap curcuma domesticae rhizoma, memiliki kandungan aktif kurkumin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi (mengatasi rasa nyeri), anti jamur dan anti bakteri. Anti Oksidan sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun banyak  perempuan yang kurang suka dengan rasa dan bau dari minuman herbal (jamu). Nah, Kiranti Sehat datang bulan Plus Juice hadir bagi perempuan-perempuan yang tidak suka dengan bau dan rasa jamu. Karena air yang digunakan untuk pengolahan yang biasanya menggunakan air mineral, diganti menggunakan satu buah jeruk asli.

Untuk kualitas bahan baku dan tata cara pengolahan, Kiranti sudah mendapatkan sertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) serta OHT (Obat Herbal Terstandar). Pastinya untuk mendapatkan sertifikat itu tidak sekedar administrasi tetapi ada tahapan dengan audit yang teliti. Bahan baku terstandarisasi begitu pula tata kelola pengolahan dari bahan baku sampai menjadi produk jadi yang terus diawasi. Jadi Kiranti aman dikonsumsi buat yang mengalami PMS. Dianjurkan untuk diminum 3 hari sebelum, saat menstruasi dan 3 hari sesudahnya.

Khasiat minum Kiranti akan semakin sempurna bila digabungkan dengan olahraga. Oleh karena itu pada kampanye Fresh and Healty with Kiranti digelar dengan event unik, yaitu yoga in the air, bukan yoga diawang-awang tetapi yoga yang dilakukan dengan mengambil venue rooftop Paris Van Java Jl. Sukajadi – Bandung tanggal 4 Juni kemarin.
Namaste

P_20160604_091311.jpg

Stay Fresh and Healty with Kiranti

 

 

 

 

Iklan

Tentang bioeti

If Love is chemistry so i must be the science freaks. Made from flesh and blood with angel and demon inside. An Animal Lover
Pos ini dipublikasikan di Blogger Bandung, fenomena dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Berdamai dengan PMS (and Stay Fresh dengan Kiranti)

  1. Hastira berkata:

    iya gak meungkiri kalau perempuan kena PMS, alhamdulilah aku sih gak

  2. Efi Fitriyyah berkata:

    Jiahahaha… kepikiran ya soal ngasih nama. Ribet kalau diganti jadi womenstruasi. Ah, ga asik didengernya hehe… Btw kalau ada pose Dursasana, kudu nyengir ala-ala bebegig. Sieun ah, Yen. Mending pose yang asli Yoga biar bikin cantik dan sehat. Yoga lagi yuuuk

  3. turiscantik berkata:

    Alhamdulah menstruasi tak pernah menghalangi aktivitas saya. Ada teman yg sampai sakit banget katanya kasian juga.

    • bioeti berkata:

      Jadi rutin terganggu aktivitasnya.
      Alhamdulillah saya juga enggak sih, paling pas menjelang kedatangan dan uang gak ada… baru tuh PMS menjadi-jadi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s