Melepas Penat dengan Menjahit & Doodle

Sebagai seseorang yang menganggap mesin jahit, blender dan  peralatan rumah tangga sebagai titisan Decepticon*. Maka ketika diperlihatkan mesin jahit Brother yang super canggih yang muncul adalah rasa kekaguman dan minder sekaligus. Jauh-jauh dari seorang penjahit pemula, saya malah menjadi penjahit pemalu. Melihat mesin jahit saya mah langsung malu.

p_20170114_105709_ll

Ekspresi saya yang takjub diwakili oleh Kang Ade Truna

Saya adalah sekian dari perempuan generasi millennial 😀 yang lebih suka menjelajah melihat cara menjahit di youtube daripada melakukannya sendiri. Padahal keterampilan menjahit melekat erat pada perempuan. Apa jadinya jika seorang perempuan tidak bisa menjahit. Itu dahulu, sekarang?

Sekarang saya sendiri berpikir apa salahnya bisa menjahit setelah seringnya di-PHP oleh tukang jahit. Pernah kan di-PHP sama tukang jahit? Janjinya hari Sabtu, Sabtunya sih benar tapi entah Sabtu bulan apa dan tahun apa. Jadi apa salahnya bisa? jika kita terampil menjahit bukan berarti kita menjadi perempuan masa lampau dan tidak kekinian.

Pada hari Sabtu, 14 Januari 2017 bertempat di Marlo’s Kitchen Jalan Tamblong No.48-50 Bandung. Saya diberi kesempatan untuk belajar menjahit menggunakan mesin jahit canggih.

p_20170114_131126_mt

Marlo’s Kitchen 

Mbak Astri Damayanti dari Kriya Indonesia mengajarkan cara membuat outer model kimono yang super gampang. Meskipun super gampang tetap saja membuat deg-degan bagi seorang penjahit pemula nan pemalu ini. Setelah dilipat, kita tinggal menempelkan pola pada salah satu bagian sisi. Dikasih pentul dan mulai dipotong. Praktis bukan? **bukaaan… sambil ngibas-ngibas materai.

Adegan pemotongan bahan juga membuat was-was karena takut salah dan sayang bahan. Hehehe, tapi alhmdulillah lancar.

p_20170114_105228

Mari memotong

Tiba saatnya untuk menjahit kain yang sudah dipotong. Untuk mengurangi nervous saya mempersilahkan teman yang lain dulu untuk menjahit 😀 . Memperhatikan mereka dan seperti yang mudah.

Ketika saya mempraktekannya sendiri. Firasat saya tadi bahwa menjahit itu mudah. Memang benar. Bukan Hoax.

p_20170114_120828

Benang yang Pakujut. Belajar dari kesalahan

Saya menggunakan mesin jahit brother type GS2700.  Berkat kemudahan mengoperasikannya saya  merasa jatuh cinta pada mesin jahit ini. Sudah saya masukan wish list. Siapa tahu Tuhan meng-acc do’a saya itu.

Suaranya halus. Free arms jadi tangan kita bisa lebih fokus pada jahitan. Mesin jahit tipe ini cocok untuk pelaku UKM. Harganya terjangkau dengan banyak fitur. Kalau dilabeli best Seller juga memang benar adanya. Keunggulan GS2700 diantaranya :

  1. Punya 27 jenis Jahitan
  2. Bisa membuat lubang kancing
  3. Bisa jahit lurus dan zig-zag
  4. Panjang jahitan bisa diatur
  5. Pengaturan sekoci yang mudah dan tepat
  6. Ada lampunya, jadi jangan khawatir kalau lampu ruangan tidak mencukupi.
p_20170114_130159

Penampakan GS2700

Mesin jahit Brother dikenal juga sebagai mesin jahit Mickey. Karena dilengkapi dengan pola bordir animasi keluaran Walt Disney. Resmi.  Tipe mesin jahit dengan bordir Disney adalah NV-9800D. Ada 129 jenis jahitan dan 196 desain bordir dilengkapi dengan USB port. Pakai layar sentuh LCD.

Setelah urusan menjahit kelar, agar tidak terlihat polos. Kami diajari doodle oleh Mbak Tanti menggunakan Stabilo. Semua pasti sudah tahu Stabilo. Saking terkenalnya, Stabilo itu dianggap sebagai warna turunan. Contohnya, “Itu lho yang pakai jaket hijau stabilo.” atau “Stickernya yang warna merah stabilo aja.”

p_20170118_142324

Stabilo sebagai penanda berita-berita urgent di tempat kerja

Stabilo yang kami gunakan pada saat membuat doodle di outer tidak mengandung benzene dan toluene. Apa tuh benzene dan toluene ini? mereka itu bukan dua sejoli yang sedang dimabuk cinta. Tapi bahan kimia  berbentuk cair yang mudah terbakar dan uapnya itu kalau terhisap beracun. Bahaya Toluene bisa membuat iritasi kulit. Kalau baca MSDS-nya (Material Safety Data Sheet), bisa membuat keracunan organ reproduksi.

Sedangkan Benzene selain toksin juga bersifat karsinogen. Terus bagaimana membedakan alat tulis yang mengandung benzene atau toluene dengan yang tidak? Caranya dengan menempelkan pada styrofoam. Jika styrofoam larut atau ujung pena masuk ke styrofoam tanpa harus kita tekan berarti alat tulis tersebut menggunakan kedua bahan kimia tadi.

Jadi aman pakai Stabilo daaaaan… ini sih yang saya suka. Menggunakan Stabilo di baju untuk membuat doodle rupanya tidak akan luntur meski dicuci.Warna-warna eye catching membuat doodle di outer saya makin jreng.

img-20170114-wa0002

Pamer My Doodle bersama blogger kenamaan. Foto : Teh Yuli

Saya membagi masing-masing sisi outer dengan lima kotak. Di setiap kotak diberi gambar yang berbeda. Bahkan Saya menodong Mbak Tanti Amelia untuk menyumbang satu doodle di kotak yang saya buat.

Awalnya saya yang idealis membuat tema untuk setiap kotak. Tetapi karena acara pada hari Sabtu itu sangat Fun, tema itu jadi muruluk (gugur berjatuhan). Mulai menggambar suka-suka. Apalagi melihat kanan-kiri para blogger kenamaan asyik mencurahkan ide gambarnya masing-masing.

Tidak terasa hari sudah siang. Acara akan segera berakhir. Akhir pekan menjadi seru dengan mengikuti workshop ini. Ternyata menjahit dan doodle bisa untuk melepas penat. Cara lain untuk relaks dan melepaskan diri dari rutinitas.

Terima kasih Brother Indonesia yang membuat menjahit menjadi menyenangkan. Stabilo Indonesia “you make my world so colorfull” dan tentu saja Kriya Indonesia yang sudah menyelenggarakan acara yang seru ini.

Alamat distributor mesin jahit brother :

Jaya Mesin

Jl. Kopo Sayati 355

022 5405750

atau bisa ke

Jl. Raya Soreang 27A

022 5892210

Email : jayamesinbdg@gmail.com

http://www.mesinkonveksi.com

#atyourside

#freeyourtruecolors

*Decepticon = musuh bebuyutan Autobot. Kaum Luar Angkasa sana yang numpang perang di Bumi. 😀

 

Iklan

Tentang bioeti

Blogger pemalu tingkat pemula Part of Blogger Bandung | KEB | Blogger Perempuan | 1 Minggu 1 Cerita reach me at bioeti@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Blogger Bandung, fenomena dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Melepas Penat dengan Menjahit & Doodle

  1. dewi Nielsen berkata:

    Pengen sih punya mesin jahit, Hitung-hitung buat kebutuhan bila ada baju yang sobek, atau buat sarung bantal..Masih nabung 🙂

  2. Hastira berkata:

    semakin canggih saja ya mesin jahit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s