Skywalk Cihampelas, Teras Baru Kota Bandung

Ada dua hal yang sedang nge-hits di kota Bandung. Pertama deman sepatu roda yang melanda adek-adek yang kedua adalah skywalk Cihampelas.

Skywalk Cihampelas, ikon baru kota Bandung di tahun 2017. Teras baru untuk kongkow-kongkow sambil menikmati kota Bandung dari atas jalan.

Di sini hampir tidak ditemukan adek-adek yang bersliweran meluncur pakai sepatu roda. Ya, agak susah juga sih, kalau keukeuh mau pakai sepatu roda. Apalagi sekarang masih penuh. Banyak orang penasaran karena baru sebulanan dibuka. Duk-dek pastinya.

Skywalk berada di jalan Cihampelas (so,pasti dong di Cihampelas masa di Kopo. Nanti namanyan Skywalk Kopo atuh). Panjang 450 meter, lebar 9 meter dan tinggi 4,6 meter dari permukaan jalan.

Jangan takut kepanasan soalnya Skywalk cukup rimbun oleh keberadaan pohon-pohon besar yang umurnya sudah tua. Kalau hujan ya, agak sulit juga untuk berteduh. Mending bubar aja deh.

Ada tiga unit tangga dan satu lift, semuanya berada di sebrang Ciwalk. Eh, ternyata di setiap ujung skywalk ada tangga. Selain tiga unit tangga dan lif itu. Gak tahu juga sih, di sisi sejajaran Ciwalk tidak disediakan. Mungkin biar tertib kali yaa. Ciwalk itu salah satu mall besar di Bandung.

Ada apa sih di Skywalk?

Selain kerumuman orang-orang, kita bisa menikmati kuliner khas kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Juga beberapa produk makanan-minuman yang telah mengalami modifikasi dan modernisasi. Semisal Seblak dengan bumbu ramen.

Ada gitu?

Belum sih hehehe 😀 . Siapa tahu nanti ada yang mencoba membuatnya.

sky-walk

Suasana Skywalk tanggal 15 Februari 2017

p_20170215_140812

menikmati kota Bandung dari ketinggian 4,6 M diatas permukaan jalan

Selain kuliner apa lagi?

Ada sepatu, kaos, tas, pernak-pernik buat oleh-oleh.

Tersedia banyak spot untuk duduk  (selain spot ketjeh buat selfie :-p ). Sekedar melepaskan lelah setelah berjalan kaki atau sambil menikmati kuliner. Dilengkapi juga dengan mushola.

skywalk

Praying room alias Mushola

Ada dua mushola yang masing-masing muat satu shaf. Lima sampai enam orang. Disediakan juga mukena, tempat wudhu ada di sampingnya. Kotak kebersihan pasti ada. Jangan lupa diisi, buat mamang yang menjaga kebersihan Mushola dan toiletnya.

Bagaimana menuju ke Skywalk Cihampelas

Sebaiknya memang mengikuti saran Pak Wali, menggunakan transportasi publik. Selain untuk mengurangi kemacetan juga untuk menghindari alih fungsi trotoar menjadi tempat parkir. Kondisi sekarang sih, begitu. Trotoar menjadi lahan parkir. Pejalan kaki, mepet sana sini saja. Daaa kita mah apah atuuuh, sudah biasa. Dipepet, diklakson-in.

Masalahnya fasilitas transportasi publik sangat tidak menyenangkan. Terutama angkot. Sudah saatnya ada reformasi masalah perangkotan ini. Ya, kalau dihitung-hitung banyak minusnya daripada plus. Bahkan para istri supir angkot sendiri banyak yang memilih menggunakan kendaraan roda dua daripada naik angkot. Padahal banyak juga angkoters di Kota Bandung ini. Salah satunya saya.

Kalau dari arah Bandung selatan, kita transit dulu di terminal Kebon Kalapa. Dari sana dilanjut menggunakan angkot Kebon Kalapa – Ledeng. Lalu turun di depan Mesjid Cipaganti. Sekitar 3 meteran dari sana bisa langsung menuju salah satu tangganya. Ongkosnya dari Kebon Kalapa sampai Mesjid Cipaganti sekitar lima ribu rupiah.

Jika dari arah Bandung utara, ada beberapa angkot yang melewati langsung jalan Cihampelas. Fyi, jalan Cihampelas itu satu arah.

marka

rute angkot yang melewati Jalan Cihampelas

Kalau tidak ingin pusing dengan dunia perangkotan apalagi bagi wisatawan luar Bandung bisa Sewa Mobil di Bandung. Lebih leluasa menentukan rute. Mencari jalan tercepat ke tujuan. Pergi dengan rombongan pasti lebih seru tuh, sewanya bisa patungan. Oh ya, jangan parkir sembarangan tapinya. Apalagi di trotoar. Kasihan saya, warga Bandung yang suka jalan kaki.

Hotel di Bandung cukup banyak. Cihampelas adalah salah satu lokasi yang memiliki banyak hotel. Tersedia dengan budget terbatas, budget terjangkau sampai dengan budget ehm… 😉

Hotel yang terletak di jalan Cihampelas memang strategis, dekat ke Lembang juga ke Dago. Kalau ke Kawah Putih mah tetap jauuuh sih.

 

Iklan

Tentang bioeti

Blogger pemalu tingkat pemula Part of Blogger Bandung | KEB | Blogger Perempuan | 1 Minggu 1 Cerita reach me at bioeti@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di #1minggu1cerita, fenomena dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Skywalk Cihampelas, Teras Baru Kota Bandung

  1. Efi Fitriyyah berkata:

    Aku pernah lho liat ada anak usia sd maen sepatu roda di sini. Aku ngeri liatnya karena spacnya terbatas kan. Karagok.

  2. Marini berkata:

    Kemarin ke ciwalk dan maceeeet banget, dan perjalanan rajawali-ciwalk hampir dua jam, syediiiih 😥

  3. Irly berkata:

    Mmmm.. baca tulisan di bagian akhir dan komentar di atas jadi ingat kota tempat saya tinggal. Di Kendari tempat baru buka (kadang juga belum resmi dibuka) bakal rame, lama kelamaan akan berkurang pengunjungnya. Tapi bakal beda cerita sama Bandung kayaknya ya.. daerah wisata soalnya.. saya aja penasaran sama skywalknya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s