Inspirasi Patah Hati

Bertepatan dengan hari buruh, pada tanggal 1 Mei lalu, bertempat di Gramedia Jalan Merdeka Bandung. Digelar meet and great “Luka dalam Bara”. Selain Bernard Batubara sebagai penulis Luka dalam Bara, acara dihadiri oleh Alvin sebagai ilustrator buku ini. Acara dipandu oleh Teguh Afandi yang sekaligus penyunting Luka dalam Bara.

Bernard Batubara merupakan penulis yang mempunyai banyak fans. Bisa dicek ke IG dan akun Twitter-nya. Fans yang militan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bertemu dengan idolanya.

Luka Dalam Bara

Dihari yang penuh ‘gejolak’, kami membahas buku Luka dalam Bara. Karya  yang terinspirasi dari penggalan kisah penulis dengan sang Mantan.

MANTAN????

Mantan, dibuang sayang disimpan berbahaya. Pesona mantan memang tidak pernah pudar. Karena bagaimana pun Mantan adalah sosok yang memberi pengaruh luar biasa pada kehidupan kita sekarang. Salah satu buktinya adalah buku ini.

Fans Bara

Proses kelahiran buku diawali dari patah hati. Nukilan percakapan bersama sang mantan. Mulai dari diskusi remeh-temeh hingga diskusi memikirkan negara. Dari topik ringan hingga bahasan tingkat dewa.

Awalnya buku ini akan diberi judul Luka Dalam. Sang penulis menyukai dua kata tersebut. Judul yang berakhiran huruf konsonan. Dalam perjalanannya diberi usulan untuk ditambah ‘Bara’. Bara identik dengan api (panas) identik pula dengan  brand penulis. Nama panggilan penulis adalah Bara.

Sehingga bisa diasumsikan dari judul, buku ini bertema Luka yang dialami penulis. Atau luka dalam yang sering tidak kelihatan wujud tetapi sangat serius dampaknya. Bisa juga luka yang membuat bara dalam kehidupan Sang Penulis.

Selain dibahas proses kreatif kelahiran buku ini. Dibahas pula mengenai ilustrasi cantik yang membuat buku ini semakin indah. Hard cover berwarna biru dengan dua sosok manusia yang mencurahkan kasih sayang melalui surat di sebuah cafe pada sore yang temaram.

Tidak hanya untuk sampul Alvin, kisah-kisah yang puitis semakin lengkap dengan adanya ilustrasi karya Alvin. Karya-karya Alvin yang lain bisa dinikmati melalui akun Instagram @alvinxki.

Banyak yang bertanya pada acara tersebut. Baik itu proses penulisan maupun proses ilustrasi. Jika tidak dibatasi sesi tanya jawab tidak akan usai rasanya. Karena semua orang penasaran. Mulai dari kesejahteraan penulis apakah sudah sesuai dengan Pancasila sila ke-5. Hingga yang curhat karena merasa kemiripan kisah dengan yang ada di buku.

Ada yang bertanya, apakah dengan menulis bisa mengobati rasa sakit oleh patah hati atau justru tetap membuat tidak bisa move on? Bukannya dengan menuliskan tentang mantan, kita akan mengingat semua kenangan. Memperpanjang kesedihan.

Atau mungkin penulis ingin berbagi. Menyebar kegalauan agar tidak dirasakan sendiri. Sungguh mulia. 😀

Tetapi yang membuat penasaran saya pribadi adalah, apakah petikan-petikan tulisan yang dipublikasikan ini mendapat izin dari pihak mantan?

Anyway, biarkan hanya mereka yang tahu. Sang Mantan dan penulis. Setidaknya buku ini menginspirasi, bahwa patah hati tidak harus berlarut dalam kesedihan.

Siapa bilang patah hati hanya membuat gundah guladig. Bermuram durja tak berkesudahan. Ternyata patah hati bisa mendatangkan rezeki. Aiisssssh…..

 

Inspirasi dari Bara

Iklan

Tentang bioeti

If Love is chemistry so i must be the science freaks. Made from flesh and blood with angel and demon inside. An Animal Lover
Pos ini dipublikasikan di Blogger Bandung, fenomena, Reportase dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Inspirasi Patah Hati

  1. lendyagasshi berkata:

    Biarpun menghasilkan pundi-pundi, tapi tetap rasanya patah, teh…
    Heuuheuu….sedihnya sampai ke ulu hati.

    *lhooo…kok aku jadi curhat?!?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s