Seribu Hari

Bersama Morinaga pada hari Sabtu, 5 Agustus 2017 bertempat di Hotel Harris Bandung. Kami belajar untuk mempersiapkan generasi platinum multitalenta. Acara yang bertajuk ” Siapkan kecerdasan multitalenta si kecil sejak dini” di konferensi Ayah Bunda Platinum. Dihadiri kurang lebih sekitar seribu orang peserta yang datang dari berbagai kota sekitar Bandung. Seperti Sumedang dan Banjaran.

Morinaga Platinum

Aul mau registrasi

Setiap orang tentunya menginginkan anak-anaknya cerdas. Eits, cerdas tidak mengacu pada kemampuan akademis saja. Belum tentu anak yang nilai matematika 100 sempurna mampu menjadi seseorang yang sukses di masa mendatang.

Menurut Dr. Howard Gardner, Psikolog dari Harvard, definisi cerdas adalah kemampuan dalam memecahkan masalah serta kemampuan berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berharga.

Morinaga Platinum

Jenis kecerdasan versi Dr. Howard Gardner

Delapan jenis kecerdasan ini dijelaskan lebih lanjut oleh Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi di sesi kedua. Bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda jadi jangan khawatir jika ada anak yang tidak bisa berhitung belum tentu anak itu tidak cerdas. Matematika tidak melulu angka. Tetapi logika. Belajar warna dan ukuran adalah salah satu cara memperkenalkan matematika. Mungkin kecerdasan logika dan angka kurang tetapi kecerdasan gerak tubuh justru yang menonjol.

Kesal karena tidak bisa diam, sampai kita dibuat kejer-kejer karena harus menjaga dan membuat diam. Selama lima menit saja. Padahal mungkin suatu saat sang anak bisa menjadi seorang atlit atau penari.

Dr. Rose Mini, menyarankan agar setiap keluarga untuk memiliki hewan peliharaan. Untuk melatih kemampuan mengenal alam sekitar, melatih empati dan kemampuan mengenal diri. Melatih kecerdasan antarpribadi dan intrapribadi. Menyiapkan mental agar tidak menjadi generasi bully. Baik sebagai korban atau malah menjadi pelaku bullying pada orang lain.

Kecerdasan lain yang penting dan melengkapi semuanya adalah moral intelligence (kecerdasan moral). Kecerdasan ini terlihat dari kemampuan seseorang untuk membedakan baik dan buruk.

morinaga platinum

Kecerdasan Moral

Salah satu manfaat bermain bagi anak-anak adalah menstimulasi kecerdasan. Dr. Rose Mini mengkategorikan dalam 4 jenis permainan. Dan dilakukan secara bertahap.

Harus disesuaikan jenis permainan dengan usia (tumbuh kembang) anak sehingga terstimulasi dengan baik (dan benar tentunya). Jika Ayah dan Bunda bingung permainan apa yang cocok untuk si kecil. Selain nutrisi, Morinaga telah menyiapakan halaman web yang dapat membantu mengenai jenis-jenis permainan sesuai kategori usia. Pada halaman tersebut selain ide bermain, kita bisa mengidentifikasi kecerdasan si kecil. Juga menu lainnya yang sangat membantu.

Pada Sesi pertama konferensi Ayah Bunda Platinum, DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K). Mengingatkan betapa pentingnya stimulasi.

Bahkan untuk mengidentifikasi senyum bayi membutuhkan waktu dua minggu. Dan Orang tua akan gila dalam tanda kutip. Mereka tersenyum-senyum layaknya orang gila, di mana si kecil masih kebingungan untuk merespon. 

Pada seribu hari pertama, di sebut oleh Dokter sebagai masa penting dalam pembentukan otak. Pertumbuhannya sebanyak 85% . Sedangkan dari usia dua tahun ke enam tahun hanya 15%.

Melalui saluran cerna, persiapan untuk masa depan anak yang cerdas dimulai. Sebuah penelitian mengungkap bahwa pembentukan saluran cerna mempunyak karakteristik yang mirip dengan pembentukan jaringan otak manusia.

Dibantu oleh Dr. dr. Eddy Fadlyana, SpA(K), Dr. dr. Akhmad Suryaman menjelaskan mengenai empat tameng perisai untuk melindungi proses tumbuh kembang anak supaya menjadi generasi multitalenta.

morinaga platinum

empat tameng perisai

Beliau memberikan tips bahwa pembentukan generasi platinum, anak cerdas dan multitalenta dimulai sejak dari  masa kehamilan.

Morinaga Platinum

Dan tidak terhenti sampai di sana. Pasca melahirkan dan pada masa bayi dan anak-anak tetap harus diperhatikan. Salah satunya, selain memberikan ASI sejak bayi pada saat lahir (IMD/Inisiasi Menyusui dini), kemudian ASI ekslusif minimal enam bulan. Adalah tidak memberikan sembarang obat. Apalagi antibiotik. Dan mengamati dan mendokumentasikan  perjalanan tumbuh kembang si kecil.

Tetapi menurut saya, mencatatnya jangan di-medsos yaaa, wahai para Bunda. Takutnya nanti bisa disalahgunakan. Punya jurnal khusus untuk si kecil rasanya bakalan unik dan lucu. Bisa dijadikan kado pada saat mereka dewasa nanti. 😀

Kapan kita boleh memberikan izin dan berapa lama waktu untuk mereka bermain gadget? Menurut para Dokter, sebaiknya pada seribu hari pertama anak-anak dijauhkan dulu  dari gadget. Dan ketika memasuki usia yang cukup ( > 2 tahun) dalam satu hari tidak lebih dari satu jam.

Penggunaan gadget akan berpengaruh buruk pada stimulasi. Dokter mencontohkan dengan gambar gajah yang sebesar layar tablet. Begitu pula gambar semut. Ukurannya sebesar layar tablet. Padahal dalam kehidupan nyata kedua hewan tersebut sangat berbeda ukurannya.

Di Bandung acara dipandu oleh Teuku Zacky. Yang hadir membawa formasi lengkap 😀 . Seru banget. Di antara krucil yang wara-wiri dan para ayah yang kelelahan di belakang. Terdapat Mamah-mamah cetar yang membahana. Antusias dengan ilmu yang akan diperoleh.

Selain ilmu yang bermafaat peserta juga senang karena ada beberapa kuis dan pembagian door prize. Dr. Rose Mini, memberikan kuis yang membuat peserta semakin semangat mengikuti konferensi. Bagi peserta dengan kostum terbaik ada penghargaannya juga lho.

Morinaga Platinum

Aul Mau Kado

Anak adalah peniru yang baik. Ingin anak cerdas berarti orang tua harus cerdas untuk bisa ditiru. Jangan sungkan untuk terus belajar.  Jangan sekedar mengandalkan ilmu warisan. Mentang-mentang pernah menjadi anak kecil. Pola pengasuhan tetap dan tidak mau berkembang. Padahal perkembangan jaman terus berubah pesat. Dulu kita masih main petak umpet, sekarang mereka main gadget. Terima kasih Morinaga telah memberi kesampatan kepada kita untuk menjadi orang tua cerdas.

untuk info lengkap mengenai morinaga bisa berkunjung ke :

IG  : morinagaplatinum

FB  : Morinagaplatinum

Twitter : @morinagaID

web: morinagaplatinum.com

 

 

Iklan

Tentang bioeti

Blogger pemalu tingkat pemula Part of Blogger Bandung | KEB | Blogger Perempuan | 1 Minggu 1 Cerita reach me at bioeti@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Blogger Bandung, Reportase dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s