What The h**l is Seblak???

Dalam kurun lima tahun terakhir, seblak menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi di kota Bandung. Penjual seblak marak. Hampir di setiap RT ada. Terkadang lebih dari satu penjual seblak dalam satu wilayah.

Sampai saya sering berprasangka kalau di wilayahnya belum ada seblak berarti belum ke-detect google map.

Eh, tapi tapi tapi seblak tidak hanya ada di wilayah Bandung. Bagi yang berada di wilayah Tangerang dan sekitarnya bisa berkunjung ke warung seblak Malebo yang berada di taman jajan Pedalink. Warung ini sempat dikunjungi oleh Boy William.

Siapa dia??

Itu lho host acara musik di Net TV.

Seblak

Boy William di Warung Seblak Malebo

Untuk kenyamanan warung Seblak Malebo akan pindah ke Ruko Dasana Center – Karawaci. Dalam waktu dekat ini. Varian seblak apa saja di Warung Seblak Malebo, bisa diintip IG @seblakmalebo. Banyak banget di sana. Untuk meng-ademkan perut yang gonjang-ganjing, warung seblak Malebo menyediakan Mango Thai yang sedang kekinian itu.

Tidak hanya di Tangerang Seblak juga merambah ke luar pulau Jawa. Seblak turut memeriahkan sebuah event di Samarinda. Tidak lupa diberi label Bandung, agar pembeli tidak salah sangka. πŸ˜€

Seblak

sumber foto : Pak H. Riki Somara

Untuk mempertahankan eksistensinya, seblak terus berinovasi. Kalau pada awalnya seblak identik dengan kerupuk aci. Sekarang seblak berkolaborasi dengan berbagai makanan lainnya. Ada seblak tulang, seblak ceker, seblak mie (kalau disini disebutnya mie golosor), seblak cireng, seblak cilok, seblak siomay, seblak batagor, seblak makaroni. Tidak menutup kemungkinan suatu saat akan ada spagetti bumbu seblak.

Seblak

sumber foto : warung Seblak Malebo

Foto seblak di atas terdiri dari mie golosor, batagor, siomay, ditambah 2 macam jamur.

Pada umumnya seblak terbagi menjadi dua jenis. Seblak basah dan seblak kering. Semacam proyek gitu yaaah… ada yang basah dan ada yang garing.

Bumbu dasar seblak terdiri dari :

  1. Cikur alias kencur atau Kaempferia galanga
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Garam
  5. Cabe Rawit atau cengek.

Semua bumbu dihaluskan, ditumis sampai baunya yang eksotis, menggoda kalbu. Lalu masukan bahan makanan yang ingin diseblak.

That’s so simple.

Kata seblak dalam bahasa Sunda sebetulnya bukan makanan (kata benda). Melainkan kata keterangan yang menerangkan kondisi hati atau jantung yang tiba-tiba tersentak atauΒ  terhenyak.

Seperti kita melihat gebetan atau mantan tanpa sengaja. Atau ketika mendapat firasat. Jantung menjadi dag-dig-dug tidak karuan. Hati tidak tentram.

Kata kerja untuk menyebut kondisi seperti diatas adalah nyeblak. Contohnya, “duh, mani nyeblak ningali gebetan boncengan sama pacarnya.”

Arti harfiahnyaa : “duh, sampai terhenyak melihat gebetan berbonceng dengan pacarnya.”

Kondisi diatas bisa masuk kategori nyeblak tingkat kecamatan. Di jamin nyeblaknya luar dalam. Side A side B.

Contoh kedua, “Perasaan seseblakan terus, ada apa ya?”

Nyeblak juga digunakan untuk menunjukan aktivitas makan seblak. Mungkin tingkat level pedasnya yang merajalela. Tidak hanya di lidah tapi sampai ke hati. Sehingga makanan ini disebut seblak. Uji nyali seperti halnya melihat gebetan bawa pacarnya.

Anyway, seblak sebetulnya bukan menu favorit saya sih, tapi berhubung nyeblak itu semacam kegiatan untuk menjalin persatuan dan kesatuan. Jadi sesekali saya suka icip-icip dengan level pedas minus 3. Saya bukan pencinta kuliner pedas.

Kalau makanan favorit saya mah tetap sih, makanan yang dimakan bersama Kakang Prabu. Karena tentunya, haratisss sodarah-sodarah πŸ˜€

Iklan

Tentang bioeti

Blogger pemalu tingkat pemula Part of Blogger Bandung | KEB | Blogger Perempuan | 1 Minggu 1 Cerita reach me at bioeti@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di #1minggu1cerita, fenomena, Kuliner dan tag , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke What The h**l is Seblak???

  1. April Hamsa berkata:

    Saya dulu ngiranya Seblak itu aslinya Solo dan sebenarnya cuma dari kerupuk aja gtu hehe.
    Ternyata begitu pindah Jakarta, bener kata mbak, seblak itu macam2 ya, ada yang bilang dari Bandung, tapi saya bingung yg otentik yg mana.
    Kalau diminta jujur, terus terang ini bukan makanan favorit saya, tapi kalau dikasi ya gak nolak haha πŸ˜€

  2. Hastira berkata:

    anak perempuanku suak seblak dan suka bikin sendiri, kalau aku kurang suka

  3. phadliharahapp berkata:

    istriku senang banget ini makan seblak. saya mah ogah. pedasss

  4. Tian Lustiana berkata:

    Seblak, favoritekuu ini. Apalagi kalau kencur dan cengeknya dibanyakin, mantabs

  5. susie ncuss berkata:

    saya hidup di bandung udah lama, tapi nggak banyak makan seblak juga.
    cuman beberapa kali aja.
    kadang ngerasa aneh makan kerupuk dibasahin. hehehe

  6. putu Ayu berkata:

    banyak temen di jakarta yang penasaran sama ini nih, hahahahah

  7. Cerita Bunda berkata:

    seblak, duuh suka banget nih apalagi kalau pedas

  8. rani yulianty berkata:

    di deket kantor ada yang jualan seblak,enak banget, duh jadi pengen

  9. Cerita Bunda berkata:

    seblak, suka banget apalagi kalau pedas

  10. Larasati Neisia berkata:

    Aduh jadi pengen seblak ceker deh :(((

  11. Yayu arundina berkata:

    Wah kirain seblak kuliner khusus bandung. Eh, ato yg jualan di kota-kota lain urang Bandung merennya

  12. Efi Fitriyyah berkata:

    Untung udah makan sebelum bw, jadi ga implusif ngidam seblak hahaha. Eh tapi besok kayaknya asik nih bikin seblak cireng. Hihihi *eh nahah?*
    Tapi seblaknya ga pake lada, da pencernaanku lagi rewel, entah sampai kapan. Keki warbiyasak kalau udah muncul reaksi jerawat. *malah curhat*

  13. ummibindya berkata:

    Seblak ini sebenarnya jenis makanan yg lama udah ada, baru boming nya belakangan ini aja ya, btw udah ada loh seblak spageti, temen2 suka pesen deliveri, saya sendiri belum pernah nyoba.

  14. Firda Winandini berkata:

    Saya suka sekali seblak, apalagi yang pedeeeeesss endes πŸ˜€

  15. wuaaaaah begitu yaaaa, hehehe
    aku baru tau makna seblaknya sebenarnya
    kukira seblak itu nyeblak atau cara masaknya itu diseblak, hahaha
    ternyata ‘terhenyak’ yaaa

    dan aku juga baru tau dari sebelah kalo seblak itu makanan orang susah jaman duluuu
    iyaaa orang2 susah pada jaman dulu tuh, ngolah sisa-sisa krupuk aci, terus dijadiin seblak
    eh rame sekarang
    di jember ada dua, dan keduanya sudah pada buka cabang, hmmm

  16. Ulu berkata:

    Hah, jadi skrng ada idiom baru karena seblak? Hahaha keren euy, kamus nih makanya harus direvisi setahun sekali karena perkembangan kosakata model si seblak ini nih

  17. Triani Retno A berkata:

    dan waktu bawa anakku ke dokter, dkasih nasihat, “Jangan kebanyakan makan seblak.” πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s