Berutang

Beberapa hari kemarin saya membaca postingan yang sedang viral di media sosial. Postingan mengenai seseorang yang mencoba menagih utang lalu dibuat tak berdaya. Cerita itu dilengkapi dengan potongan percakapan whatsapp. Kalau membaca potongan-potongan percakapannya pasti geram lah. Membuat kita tertawa getir.  Atau malah mungkin kita pernah berada dalam posisi seperti itu, jadi tahu betul rasanya (diposisi orang yang ditagih??? No, tentu bukan yang itu atuh yaaah maksudnya…).

Jadi ingat pengalaman sendiri, sampai akhirnya saya punya aturan jika ada yang mau pinjam. Isssh, ini bukan saya sombong. Sok punya uang banyak. Bukaaaan…. Da, saya juga wanita biasa atuuh. Karyawati yang suka berbinar-binar menunggu akhir bulan buat gajian. Bahagia itu sederhana. Dengerin notifikasi sms transferan juga sudah bikin bahagia.

Tipe yang sering saya suka jawab, “Hmmmm….”, “Ma’af tidak bisa membantu, sedang tidak ada.” dan kalimat-kalimat penolakan lainnya,  sdalah tipe peminjam yang prolognya, “kamu kan belum punya tanggungan…”

Karena ketika saya benar-benar membutuhkannya, malah di-PHP dengan enaknya bilang saya kan gak punya tanggungan. Apakah seorang perempuan yang belum berkeluarga tidak punya tanggungan???

Padahal kan saya perlu merawat diri yakan.. yakan.. yakan…

Ciletuh

Sandang, pangan, papan, casan, halan-halan

Padahal mereka punya suami. Bukannya kalau sudah berkeluarga rezekinya dari dua pintu?  Ada yang menanggung pula.

Lalu berbuntut drama yang mirip potongan percakapan yang tengah viral saat ini. Atas dasar ini, agar tidak ada drama dikemudian hari saya memutuskan untuk tidak memberikan pinjaman kepada tipe-tipe yang demikian.

Sekian cerita saya minggu ini.

Iklan

Tentang bioeti

Blogger pemalu tingkat pemula Part of Blogger Bandung | KEB | Blogger Perempuan | 1 Minggu 1 Cerita reach me at bioeti@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di #1minggu1cerita, fenomena, Me dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s